Kamis, 09 Juni 2011

Peranan Bahasa Indonesia Saat ini ..

Peranan Bahasa Indonesia Saat ini ..

            Bahasa Indonesia merupakan Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain . Beragamnya Suku di Indonesia tidak membuat masyarakat Indonesia lepas dari komunikasi karena ada bahasa nasional yang dapat digunakan yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia itu sendiri merupakan bahasa penghubung untuk setiap suku di Indonesia yang bisa tetap berkomunikasi secara baik tanpa ada salah paham.
            Di Jakarta contohnya, yang tinggal di Jakarta bukan hanya warga Jakarta asli (Betawi) , Namun di Jakarta merupakan pusat dari berjuta-juta masyarakat se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke ada di Jakarta. ( Batak, Sunda, Jawa, Aceh, dll ). Bercampurnya Suku dalam suatu kotaJakarta tidak ada Rasis. tersebut tidak membuat masyarakat tidak dapat bersosialisasi dengan baik, namun ternyata di
            Masyarakat satu dengan lainnya dapat mengerti dan bersatu untuk bangsa dengan menggunakan bahasa Indonesia. Perbedaan Suku yang merupakan perbedaan bahasa tetap bukan jadi masalah.
            Untuk Peranan bahasa Indonesia itu sendiri jelas untuk kondisi saat ini yaitu sebagai bahasa resmi kenegaraan ,  bahasa pengantar didalam dunia pendidikan, alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi., sebagai bahasa media massa . media massa cetak dan elektronik, baik visual, audio, maupun audio visual harus memakai bahasa Indonesia. Media massa menjadi tumpuan kita dalam menyebarluaskan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Sehingga seluruh masyarakat di Indonesia yang ingin mengetahui perkembangan yang tejadi tetap bisa mengerti karena menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar